Rabu, 02 Mei 2012

Cara menutup akun Facebook

Facebook ‘sembunyikan’ cara hapus akun selamanya, ini link Delete Account




Menghapus Facebook selamanya secara permanen. Banyak Facebooker yang selama ini tidak dapat atau tidak tahu bagaimana cara menghapus akun Facebook mereka secara total atau permanen. Pihak Facebook hanya menunjukkan tombol cara menonaktifkan akun FB (Deactivate Account), tapi sengaja menyembunyikan tautan (link) untuk menghapus akun Facebook secara permanen (Delete My Account).
Berbeda dengan Google Plus — Menghapus akun, semua foto, semua tulisan Status (Stream), semua komentar kita, semua video, bahkan menghapus ribuan teman sekaligus sangatlah mudah.
Kalau anda hanya mengeklik “Non-aktifkan Akun” (Deactivate Account), maka hal itu tidaklah berarti akun Facebook anda telah dihapus. Memang jika anda mengunjungi alamat akun Facebook anda setelah melakukan penonaktifan, sekilas akan terlihat bahwa akun FB tersebut telah hilang, yaitu dengan munculnya tulisan “This content is currently unavailable.” Namun jika anda masuk (login) dengan menggunakan email dan password anda sebelumnya, maka saat itu juga Facebook anda kembali menjadi aktif secara otomatis. Inilah salah satu hal yang selama ini dikeluhkan oleh banyak orang terhadap Facebook.

Cara menutup akun Facebook sementara

Seperti saya sebutkan di atas, yaitu untuk menonaktifkan (deactivate), sehingga anda masih bisa mengaktifkannya kembali suatu saat. Dengan cara ini semua data anda tidak akan dihapus. Hanya saja akun Facebook anda tidak bisa lagi dilihat oleh orang lain atau dengan kata lain tersembunyi untuk sementara waktu.
Cara tutup akun Facebook (non-aktif)
  • Klik Account pada bagian atas sudut kanan.
  • Klik Account Settings.
  • Geser ke bagian bawah halaman tersebut, lalu pilih Deactivate Account, kemudian konfirmasikan.
CATATAN: Namun jika suatu hari anda masuk/login ke akun tadi, maka secara otomatis akun Facebook anda kembali menjadi aktif.

Cara menghapus Facebook secara permanen

Berikut inilah cara menghapus akun Facebook selamanya secara permanen. Namun sebelum mengeklik tautan (link) Delete Account ini — yang sengaja tidak diperlihatkan pihak Facebook secara transparan dari menu Settings — sebaiknya anda lebih dahulu menghapus semua data di dalamnya. Sebab, saya pernah membaca, walaupun akun FB telah dihapus permanen, tapi masih ada sebagian data yang tertinggal, seperti komentar yang anda tulis di Status orang lain, dan Halaman (Page) yang pernah anda ikuti sebagai anggota.
  • Masuklah (login) ke akun Facebook anda.
  • Lalu kunjungi/klik tautan ini: Delete Account atau http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=delete_account
  • Akan terlihat tulisan “Delete My Account”. Di bawahnya terdapat tombol biru “Submit” — kliklah Submit.
  • Kemudian muncul kotak bertuliskan “You are about to permanently delete your account. Are you sure?” (Anda akan menghapus akun secara permanen. Apakah anda yakin?)
  • Pada kotak itu terdapat kolom kata sandi (password) — isikanlah password Facebook anda.
  • Di bawahnya lagi terdapat kolom Security Check — isikanlah dua kata-acak yang terlihat. Bila kata itu terlalu sulit anda baca, klik teks “Try different words”, nanti akan muncul dua kata yang lain.
  • Setelah semuanya benar, klik “Okay.”
  • Anda akan menerima email dari pihak Facebook yang isinya berupa pemberitahuan bahwa akun Facebook anda akan dihapus secara permanen dalam 14 hari.
INGAT: Jangan lagi masuk (login) — walaupun cuma sekali — ke akun Facebook anda sampai 14 hari setelah melakukan Delete Account tadi. Agar lebih terjamin, sebaiknya tunggu sampai 20 hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar